Friday, November 22, 2013

Miniaturku

Miniaturku

Kapal Perang Penjelajah
Miniatur Kapal Penjelajah ini saya buat dengan menggunakan bahan dasar kertas karton dan menggunakan lem g sebagai perekat dan lem kayu sebagai lapisan kedap air dll. Miniatur Kapal Perang Penjelajah ini berukuran Panjang 150 cm dan Lebar 20 cm dan tinggi seluruhnya 25 cm dan berat kurang lebih 10 kg. Saya pertama membuat miniatur sendiri iseng-iseng karena saya melihat kapal Zaman Perang Dunia II cukup besar dan kelihatan tangguh dan menarik buat saya. saya pertama membuat miniatur kapal sejak saya duduk di kelas 3 SMP tetapi waktu itu belum berhasil dan gagal karena belum pernah sebelumnya. Berkat saya sering coba-coba dan alhamdulillah saya dapat membuat Miniatur kapal perang penjelajah ini dengan sederhana berkat karunia Allah SWT.


BATTLESHIP FROM PAPER
Kapal Perang Penjelajah Adalah Kapal yang dapat mengarungi lautan yang luas digunakan oleh Angkatan Laut di seluruh dunia untuk mencapai target dengan jarak yang cukup jauh dari wilayah musuh, sehingga dibutuhkan untuk Angkatan perang. Ini ada cara kalau ingin membuat Miniatur Kapal Perang Penjelajah. (kalau kurang jelas bisa kirim pesan lewat e-mail atau komen)


Caranya membuat Miniatur Kapal Perang Penjelajah sebagai berikut

1. Badan Kapal
Pertama-tama buat sketsa bagian badan kapal dengan ukuran panjang 150 cm dan lebar 20 cm pada kertas karton. Kemudian potong kertas karton sesuai dengan sketsa dan kemudian  rekatkan sehingga terbentuk badan kapal seperti gambar dengan lem G.

2. Perancangan Senjata Kapal
Buat sketsa persenjataan dan ruang kemudi kemudian bentuklah seperti gambar. Tambahkan senjata meriam sesuai dengan keinginan. untuk membuat meriam menggunakan bolpoin dan rekatkan dengan lem G.

3. Penyelesaian Terakhir Badan Kapal
Kemudian selesaikan kelengkapan persenjataan seperti gambar dan kemudian dilapisi badan kapal seluruhnya dilapisi dengan lem kayu (lem rajawali). setelah itu biarkan mengering maka badan kapal akan terlihat mengkilat karena sudah dilapisi lem kayu dan menjadi kedap air.


4. Pengecatan

setelah selesai semua maka sekarang saatnya untuk pemberian warna untuk badan kapal. berilah warna sesuka dan seindah mungkin dengat mengecatnya dan biarkan cat mengering dan sesudah mengering maka badan kapal bertambah mengkilat.

5. Pemberian Nomor Lambung dan Lain-lain
setelah kering maka kita memberikan nomor lambung pada bagian depan samping badan kapal dan melengkapi jendela dan pintu badan kapal.

6. Bagian Atas Selesai
Tahap pembuatan badan kapal bagian atas selesai. Panjang 150 cm dan lebar 20 cm tinggi seluruhnya kurang lebih 20 cm.

7. Pembuatan Lambung Kapal

selanjutnya kita membuat lambung bawah kapal disesuaikan dengan badan kapal yang telah dibuat. sketsa terlebih dahulu kemudian buat seperti gambar. Kemudian beri pemberat terserah keinginan untuk menyeimbangkan kapal dan membuat kapal terlihat berat dan kokoh. lapisi lambung bawah sama seperti badan kapal yang atas tadi dengan lem kayu setelah itu cat dengan warna keinginan dan biarkan hingga kering

8. Pemasangan Dengan Bagian Atas
Setelah lambung bawah jadi langkah selanjutnya mencocokkan dengan badan yang telah di buat tadi. setelah cocok kemudian rekatkan dengan lem kayu hingga semuanya menyatu dengan badan atas dan birkan hingga mengering

9. Tahan Penyelesaian Akhir


Tahap terakhir adalah uji coba kapal di air. kapal akan terapung dan seimbang juga kedap terhadap air dan miniatur kapal perang penjelajah sudah jadi. selamat mencoba..... Tolong diberi saran......

Miniature Kapal perang penjelajah
Battleship 115 desain dari USS Missouri tapi sudah ada perubahan dalam pembuatan miniatur

Keterangan :
1. Panjang : 150 cm
2. Lebar : 20 cm
3. Tinggi Badan Kapal : 5 cm
4. Tinggi Seluruhnya : 25 cm
5. Berat : ± 10 kg
Kapal Perang Miniature Dijual
$ 100





Bisa Ditawar



No comments:

Post a Comment